[social] [social_icon link="https://twitter.com/ATFG8" title="Twitter" type="twitter" /] [social_icon link="https://www.facebook.com/atfg8/" title="Facebook" type="facebook" /] [social_icon link="https://www.instagram.com/atfg8therapy/" title="Instagram" type="instagram" /] [social_icon link="https://www.youtube.com/atfg8therapy" title="Youtube" type="youtube" /] [/social]

Solusi menghindar dari buramnya dunia.

0

Lasik atau akronim dari laser in-situ keratomileusis, merupakan operasi untuk mengoreksi penglihatan pada rabun jauh (mata minus), rabun dekat (mata plus), atau astigmatisme (silinder). Caranya membentuk kembali kornea dengan menyisipkan flap (lapisan permukaan kornea) yang diatur ulang bentuknya sehingga cahaya jatuh tepat di retina. Tiga kelainan refraksi tersebut disebabkan oleh cahaya tidak masuk tepat di retina.

Sebelum melakukan prosedur operasi, pasien akan melakukan tes awal meliputi pengukuran ketebalan kornea, pembiasan, pemetaan kornea, tekanan udara, dan pelebaran pupil. Lalu, mereka akan diberi anestesi lokal berupa tetes mata, diminta fokus melihat satu titik, dan dilarang melirik. Saat operasi berlangsung, dokter akan membentuk ulang flap dari instrumen yang disebut laser microkeratome atau femtosecond. Caranya adalah dengan menguliti flap, lalu mengoreksi jaringan di bawah kornea. Setelah pembentukan flap selesai, ia diletakkan kembali ke tempat semula.

Beberapa saat setelah operasi lasik, pasien terkadang melihat lingkaran buram di sekitar obyek penglihatan dan menjadi sulit mengemudi di malam hari. Biasanya penglihatan akan mulai membaik seminggu pasca operasi lasik. Hal lain yang harus dilakukan pasien pasca operasi lasik adalah tidak melakukan aktivitas berat, tidak memakai lensa kontak selama tiga minggu, dan menjaga mata agar tak terkena air selama seminggu.

Setelah menjalani operasi lasik, agar tidak kembali mengalami gangguan refraksi atau penglihatan kembali, pasien disarankan untuk menjaga jarak baca, membatasi paparan gawai / gadget ke mata, dan banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Lasik diklaim sebagai solusi untuk Anda yang mengalami refraksi atau kelainan penglihatan karena cahaya yang tidak masuk tepat di retina mata. Dengan tingkat keberhasilan 98-99% lasik direkomendasikan oleh banyak dokter mata di seluruh dunia, walaupun dengan biaya yang tidak murah, sekitar 20 juta rupiah untuk 2 mata.

Menjalani operasi lasik ini tetap ada resiko walaupun sangat minim. Maka itu, pilihlah dokter atau rumah sakit yang sangat berpengalaman untuk melakukan prosedur operasi lasik.

Apa saja yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi gangguan penglihatan atau refraksi? 🙂

 

 

Leave A Reply

× How can I help you?